Senin, 06 April 2015

Perkembangbiakan Hewan



Perkembangbiakan hewan dapat dilakukandengan dua cara, yaitu melaui perkawainan (generatif)dan tanpa perkawinan (vegetatif) [gak ada yg naksir ya???]. 

1. Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif     Perkembangbiakan hewan secara vegetatif dikenal dua cara yaitu bertunas dan fragmentasi.


a. Bertunas     Contoh hewan yang bertuas adalah hydra dan anemon laut. Hydra adalah hewan yg hidup di airtawar. Hydra melekat pada daun daunatau batang tanaman air. Anemon lautadalah hewan yg hidup di air asin. Anemon hidup melekat pada batu karang.


b. Fragmentasi
    Fragmentasi adalah perkembangbiakan dengan cara membelah tubuhmenjadi dua bagian. kedua bagian tubuh yg telah terputus akantumbuh menjadi dua individu baru. Contoh hewan yg melakukan fragmentasi adalah cacing pipih dan anemon laut. Pada anemon laut bagian yg berfragmentasi adalah bagian cakram kaki. Cakram kai adalah bagian tubuh anemon yang melekat pada karang.


2. Perkembangan Hewan Secara Generatif
    Perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangbiakan yg meaui proses perkawainan. Proses perkawainan adalah ketika sel sperma jantan membuahi sel telur betina. Perkembangbiakan secara generatif dilakukan dengan 3 cara yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar.


a. Bertelur (ovipar)
   Kata ovipar ini berasal darikata ovum yg artinya telur. Hewan yg berkembangbiak dengan cara bertelur adalah burung, ikan, serangga, dan amfibi.

b. Melahirkan (vivipar)
    Vvipar adalah perkembangbiakan dengan cara melahirkan. Hewan hewan yg melahirkan adalah kelompok mamalia, baik di darat maupun di air.

c. Bertelur dan Melahirkan (ovovivipar)
    Hewan yg berkembang biakdengan bertelur dan melahirkan disebut ovovivipar. Contoh hewan adalah hiu, reptil, kadal, dan cucut pasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar