Rabu, 29 April 2015

Gerhana Bulan




Gerhana Bulan terjadi jika Matahari, Bumi, Bulan dalam satu garis lurus. Saat itu bidang edar bumi berimpit dengan bidang edar Bulan, sehingga cahaya matahari menuju bulan terhalang oleh bumi. Dengan kata lain, bulan berada di daerah bayang bayang bumi. (Perahatikan Gambar Diatas).

Gerhana Bulan terjadi hanya satu atau dua kali dalam setaun, yaitu pada malam hari disaat bulan punama. Namun, Tidak setiap bulan purnama kita mengalami bulan purnama. 

Gerhana Bulan selalu diawali dengan gerhana bulan sebagian, gerhana bulan total, dan diakhiri dengan gerhana bulan sebagian. Gerhana Bulan sbagian berlangsung sekitar 2x 60 menit (120 menit).Sedangkan gerhana bulan total berlangsung sekitar 100 menit.

Sinar matahari yang terhalang oleh bumi menyebabkan terjadinya bayangan bumi. Ada 2 macam bayangan, yaitu umbra dan penumbra.

Umbra adalah bayangan inti yang berupa daerah bayangan yang sangat gelap, sedangkan penumbra adalah bayangan kabur atau samar.

Gerhana Bulan total terjadi bila bulan memasuki daerah umbra. Sedangkan jika sebagian bulan masuk ke umbra dan sebgian lagi masih berada di penumbra maka terjadilah gerhana bulan sebagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar